AbstrakPelayanan terhadap segenap warga Negara adalah menjadi tanggung jawab pemerintah seperti diamanatkan dalam undang-undang. permasalahan pelayanan pemerintah yang dirasakan masyarakat saat ini antara lain masih diskriminatif, pelayanan sering terkait dengan uang, jabatan dan keluarga termasuk lemahnya proses pelayanan publik. Layanan Publik sering tidak memiliki mekanisme yang jelas, dapat sangat sulit dan juga dengan sangat mudah. Terdapat orang yang melewati antrian panjang untuk mendapatkan layanan, Namun juga terdapat sejumlah orang yang hanya melakukan kontak telepon. Idealnya setiap penyelenggaraan pelayanan publik harus memiliki stándar pelayanan dan dipublikasikan sebagai jaminan adanya kepastian bagi penerima pelayanan. Stándar pelayanan merupakan ukuran yang dibakukan dalam penyelenggaraan pelayanan Publik yang wajib ditaati oleh pemberi dan atau penerima pelayanan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapat hasil sebagai berikut:a)Layanan yang telah diberikan oleh DISPENDUKCAPIL Tulungagung kepada penggunanya yang diukur melalui Indeks Kepuasan Pengguna bernilai 72,50 dengan kategori tingkat layanan adalah baik (B). b)Unsur layanan yang paling memuaskan bagi para pengguna adalah unsure ketepatan pelaksanaan jadual waktu pelayanan (U 12) sebesar 3,32 dan c).diketahui bahwa secara bersama sama variable independent(X) memberikan sumbangan pengaruh terhadap Y (dependent) sebesar 71,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi factor lain. Untuk meningkatkan kualitas layanan diperlukan perhatian khusus pada unsure 7 yaitu kecepatan penyelesaian layanan agar dapaat diminalisir pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna secara umum.Â
Copyrights © 2015