JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 2 (2017): Jurnal PBSI Maret 2017

RAGAM PERTANYAAN YANG DIGUNAKAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA

Siti Maisarah (Jurusan PBSI FKIP Unsyiah)
Saifuddin Mahmud (Jurusan PBSI FKIP Unsyiah)
Subhayni Subhayni (Jurusan PBSI FKIP Unsyiah)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Ragam Pertanyaan yang Digunakan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya” mengkaji tentang ragam pertanyaan guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa Indonesia pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) ragam pertanyaan yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya dan (2) jenis kalimat tanya yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Sumber data penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik: (1) mencatat dan merekam semua dialog guru dengan siswa pada saat pembelajaran berlangsung; (2) mentranskipkan data rekaman dengan teknik catat; (3) mengelompokkan data berdasarkan variabel dan (4) menganalisis dan mendeskripsikan data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan enam ragam pertanyaan yang bervariasi yakni yang meliputi: (1) ragam pertanyaan pengetahuan; (2) ragam pertanyaan pemahaman; (3) ragam pertanyaan terapan; (4) ragam pertanyaan analisis; (5) ragam pertanyaan sintesis; dan (6) ragam pertanyaan evaluasi dan menggunakan empat jenis kalimat tanya: (1) kalimat tanya biasa; (2) kalimat tanya retorik; (3) kalimat tanya klarifikasi/konfirmasi; (4) kalimat tanya tersamar.Kata Kunci: Ragam pertanyaan, jenis kalimat tanya, guru ABSTRACT A study entitled “Variety Of Questions Used By Teacher In Learning Indonesia Language And Literatur In Class XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya” reviews a variety of questions teachers in the classroom Indonesia XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya. This study aimed to describe (1) variety of questions used by teacher in learning Indonesia language and literatur in class XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya dan (2) Interrogative sentence types used by teachers in the classroom learning Indonesia XI SMA Negeri 1 Ingin jaya. The approach used in this study is a qualitative approach in the form of classroom study. The type of research is descriptive analysis. Source of research data are teacher who teach in the classroom XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Data collection was done by using: (1) note and record all the dialogue of teachers with students during the learning takes place; (2) mentranskipkan recording data with engineering log; (3) data by variable and (4) analyze and describe the research data. The results showed thad teachers use a variety of question six varied that include: (1) wide knowledge questions; (2) wide comprehension questions; (3) variety of question applied; (4) variance analysis questions; (5) wide synthesis question; (6) wide evaluation questions and using four types of interrogative sentence: (1) regular interrogative sentence; (2) rhetorical interrogative sentence; (3) interrogative sentence clarification/confirmation; (4) interrogative sentence disguised.Keywords: variety of questions used, kind of interrogative sentence, teacher

Copyrights © 2022