KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
Proseding Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN II DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI

Fitriani Saragih (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Edisah Putra Nainggolan (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2017

Abstract

AbstrakMetode pembelajaran yang dilakukan untuk mata kuliah akuntansi keuangan lanjutan II belum menghasilkan kompetensi yang diharapkan.Hal ini terlihat dari hasil belajar mahasiswa akuntansi semakin menurun setiap tahunnya.  Sehingga peneliti ingin menerapkan metode pembelajaran kooperatif Student Tean Achievement Division ( STAD) untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa akuntansi pada mata kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan II.Tujuan dalam penerapan metode pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division ( STAD)  ini adalah untuk mengetahui  peningkatan hasil belajar mahasiswa akuntansi melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division ( STAD) Pada mata kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan II.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus tindakan, dengan masing – masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan metode kooperatif Student Team Achievement Division ( STAD) pada mata kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan II.Kata kunci : Metode Student Team Achievement Division, Hasil belajar Mahasiswa

Copyrights © 0000