Persaingan global pada saat sekarang ini menuntut perusahaan untuk saling bersaing dalam memasarkan dan menjual produknya. Perusahaan harus menggunakan strategi yang tepat untuk mempertahankan produknya agar tetap dikonsumsi oleh konsumen secara terus menerus. Oleh karena itu arti sebuah promosi dan brand (merek) menjadi sangat penting.Pantene adalah merek shampo yang sudah di percaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Di Kalimantan Timur khususnya di kota Samarinda shampo ini pun sangat diminati dan sudah memiki awerness yang kuat di benak konsumen. Keberhasilan Pantene menarik pelanggan diduga tidak lepas dari kegiatan promosi dan brand equity (ekuitas merek) yang dimiliki Pantene. Promosi selalu memainkan peran penting dalam mengembangkan brand equity (ekuitas merek). Adanya promosi atau iklan yang disajikan media dapat membuat pemirsa iklan mengenal dan mengetahui keberadaan suatu merek produk/jasa tersebut. Brand equity dapat menguatkan program atau memikat para konsumen baru atau merangkul kembali konsumen lama.Semua Permasalahan yang ada di dalam ini adalah sebagai berikut : 1)Apakah promosi dan faktor - faktor brand equity yang terdiri dari brand awerness, perceived quality, brand association, dan brand loyalty secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam memilih produk shampo “ Pantene “ di Kecamatan Samarinda Ilir?. 2)Faktor – faktor manakah dari promosi, brand awerness, perceived quality, brand association, dan brand loyalty, yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam memilih produk shampo “ Pantene “ di Kecamatan Samarinda Ilir?Dasar teori dari penelitian ini adalah “Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan eksekusi, mulai dari tahap konsepsi, penetapan harga promosi, hingga distribusi barang-barang ide-ide dan jasa, untuk melakukan pertukaran yang memuaskan individu dan lembaga-lembaganya.Brand Equity adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Promosi adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan dan meyakinkan calon konsumen mengenai barang dan jasa dengan tujuan untuk memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan dan meyakinkan calon konsumen.Alat analisis yang digunakan untuk menganalisispromosi dan brand equity adalah dengan menggunakan kuisioner dan metode regresi linier berganda serta menggunakan program komputerisasi SPSS.Hasil analisis menyebutkan semakin tinggi profitabilitas berarti semakin baik, karena kemakmuran pemilik perusahaan meningkat dengan semakin tingginya profitabilitas.
Copyrights © 2017