Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa, produk, harga, tempat, promosi, osrang, proses, dan bukti fisik terhadap keputusan menggunakan jasa pada CV Nirwana Printing di Samarinda.         Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis regresi linear berganda yaitu alat analisis yang digunakan untuk mengetahui besar pengaruh variabel bebas yaitu: produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan bukti fisik (X7) terhadap variabel terikatnya yaitu keputusan menggunakan jasa (Y) baik secara simultan maupun secara parsial. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner.Hipotesis Uji F pada penelitian ini adalah variabel-variabel bebas yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel terikatnya yaitu keputusan menggunakan jasa pada CV Nirwana Printing di Samarinda. Dan Hipotesis Uji T pada penelitian ini adalah Variabel produk dan bukti fisik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa pada CV Nirwana Printing di Samarinda, sedangkan variabel harga, tempat, orang dan proses secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa pada CV Nirwana Printing di Samarinda.           Hasil penelitian melalui uji analisis regresi linear berganda adalah dari tujuh variabel yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik hanya terdapat dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa dikarenakan dua variabel tersebut mempunyai thitung lebih daripada ttable yaitu variabel produk (3.086) dan bukti fisik (2.333) sedangkan variabel harga (-0.817), promosi (0.505), orang (-1.461), tempat (0.541) dan proses (1.328) tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan. Sedangkan ttabel adalah 1.986. sedangkan Fhitung pada penelitian ini adalah 2.910 dan Ftabel adalah 2.470, maka bisa dilihat bahwa fhitung lebih besar daripada Ftabel.
Copyrights © 2017