Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 5 No 2: April 2018

Klasterisasi Customer Lifetime Value dengan Model LRFM menggunakan Algoritma K-Means

monalisa, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan nilai Customer Lifetime Value (CLV) pada setiap segmen pelanggan dengan menggunakan algoritma K-means dalam melakukan klusterisasi pelanggan. Pembentukan kluster menggunakan metode validasi Dunn Index dan Silhoutte Coefficient dengan nilai 0.84 dan 0.54. Kluster yang dihasilkan berjumlah 3 dengan nilai yang tertinggi pada masing-masing metode validasi. Untuk menghasilkan nilai CLV dengan kluster yang terbaik maka nilai normalisasi LRFM setiap kluster akan dikalikan dengan nilai bobot LRFM dan dijumlahkan. Rangking CLV tertinggi akan dihasilkan dari nilai CLV yang terbesar diantara 3 kluster tersebut. Rangking CLV tertinggi pada penelitian ini berada pada kluster ke 2 dengan simbol LRFM L↑R↓F↑M↑ yang berisi segmen pelanggan yang memiliki nilai loyalitas yang tinggi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JTIIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya (UB), Malang sejak tahun 2014. JTIIK memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. JTIIK berkomitmen ...