Hasil penelitian ini dilakukan pada siswa SMK Negeri 11 Bandung. Yang mana tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan  kompetensi pedagogik guru pengaruhnya terhadap sikap kewirausahaan siswa . Masalah yang menjadi kajian dari penelitian ini adalah mengenai rendahnya sikap kewirausahaan siswa. Inti kajiannya difokuskan pada salah satu faktor yang mempengaruhi sikap kewirausahaan siswa yaitu penguasaan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Penguasaan Kompetensi Pedagogik Guru (X) dan Sikap Kewirausahaan Siswa (Y). Penguasaan Kompetensi Pedagogik diukur melalui tiga indikator, yaitu  kompetensi menyusun rencana pembelajaran, kompetensi melaksanakan proses belajar mengajar, kompetensi melaksanakan penilaian proses belajar mengajar. Sikap Kewirausahaan diukur melalui enam indikator, yaitu kepercayaan diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambilan resiko, kepemimpinan, keorisinilan, dan berorientasi ke masa depan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis regresi. Anggota sampel sebanyak 75 orang. Secara garis besar, keadaan Penguasaan Kompetensi Pedagogik Guru di SMK Negeri 11 Bandung termasuk kategori baik. Artinya Penguasaan Kompetensi Pedagogik telah dimiliki Guru secara rata,efektif dan efisien. Sikap Kewirausahaan di SMK Negeri 11 Bandung termasuk kategori tinggi. Artinya kompetensi pedagogic yang telah dicapai guru sudah baik, hal tersebut perlu dipertahankan dan diupayakan terus ditingkatkan.Hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima yaitu adanya Penguasaan Kompetensi Pedagogik Guru pengaruhnya terhadap peningkatan Sikap Kewirausahaan Siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017