Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 15, No 1 (2017)

THE IPPAR Model sebagai Komponen Etnografi PR pada Kajian Public Relations Berbasis Budaya

Dasrun Hidayat (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSIJl. Sekolah International 6 Antapani Bandung)
Engkus Kuswarno (Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran)
Feliza Zubair (Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran)
Hanny Hafiar (Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2017

Abstract

Artikel ini mengenalkan sekaligus menawarkan hasil temuan penelitian tentang komponen perilaku komunikasi PR berbasis budaya. Komponen terdiri dari aspek Insight-Program Strategic- Program Implementation-Action and Reputation atau disingkat menjadi The IPPAR Model. Komponen perilaku komunikasi PR merupakan transformasi hasil temuan lapangan atau originalitas data tentang pola perilaku Jakhu Suku pada ritual pemberian gelar. Pola perilaku meliputi tahapan pekhsiapan (persiapan), khencana (perencanaan), lestakhi (pelaksanaan), penghengok (dukungan) dan penghanggum (kepercayaan). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada keterkaitan antara temuan pola perilaku Jakhu Suku dengan konsepsi Public Relations dan budaya sehingga komponen The IPPAR Model dapat dikategorikan sebagai komponen Etnografi PR. Metodologi yang fokus pada perilaku komunikasi PR berbasis budaya. Dipaparkan tentang konsep, konstruk, prinsip dasar, serta cara kerja penelitian. Metodologi Etnografi PR dapat diterapkan pada konteks lembaga PR profit dan nonprofit. Kajian PR berbasis budaya pada konteks PR perusahaan, PR Pemerintahan, dan PR Non Pemerintahan.Kata Kunci: Etnografi PR, Perilaku Komunikasi, The IPPAR Model 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...