Studi ini mengkaji masalah yang paling potensial dalam menyimak wacana bahasa Inggris yangdihadapi oleh pembelajar Indonesia yang mempelajaribahasa Inggris sebagai bahasa asing ditingkat perguruan tinggi. Tes menyimak diberikan pada pembelajar bahasa Inggris yang memilikikemampuan menyimak pre-intermediate dan intermediate. Selanjutnya, kuesioner diberikanuntuk mengetahui pikiran, perasaan, atau komentar mengenai aktifitas menyimak selama tesberlangsung. Akhirnya, wawancara dilakukan untuk mengetahui kemungkinan masalah yangdialami dalam menyimak serta penyebabnya. Hasil analisis kualitatif data yang dikumpulkandari tiga instrumen tersebut menemukan lima kategori masalah pemerolehan pemahaman dalammenyimak yaitu masalah yang berhubungan dengan pengolahan informasi (masalah kecepatanpembicara penutur bahasa Inggris), konten bahasa penutur asli '(masalah karena pengucapanpenutur bahasa Inggris yang sulit dipahami, penggunaan bahasa sehari-hari dan penggunaanbentuk bahasa yang disederhanakan), kemampuan berbahasa Inggris (masalah keterbatasan kosakata dan tata bahasa), kebiasaan belajar (masalah karena inkonsistensi kebiasaan belajarmenyimak), gangguan saat menyimak (masalah sulit berkonsentrasi) serta masalah kesalahan interpretasi (masalah karena ketidakmampuan siswa untuk mengkonversi pesan dengan benarsaat menyimak).Kata kunci: Potensi masalah, pemahaman menyimak
Copyrights © 2014