IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature
Vol 3, No 2 (2015): IDEAS : Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistic and Liter

CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA TEKNIK SIPIL SEMESTER VI TAHUN 2014/2015 POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG)

Shanty, Halim (Unknown)
Naely, Muchtar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini menerapkan konsep belajar yang membantu dosen mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata mahasiswa dan mendorong mahasiswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Kelebihan konsep belajar ini yaitu hasil pembelajaran diharapkan alamiah dalam bentuk kegiatan mahasiswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari dosen ke mahasiswa. Metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah salah satu pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris (speaking) mahasiswa semester VI pada mata kuliah Bahasa Inggris Teknik. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan penguasaan kemampuan speaking mahasiswa setelah penerapan metode CTL. Pada tes akhir siklus I nilai rata-rata mahasiswa meningkat dari tes awal dengan rata-rata nilai 43%, kemudian meningkat ke nilai 65% pada tes siklus I pembelajaran dengan metode CTL, dan terjadi peningkatan yang signifikan pada tes akhir atau siklus II ke 80%. Hal ini berarti dengan adanya peningkatan signifikan tersebut seluruh mahasiswa dinyatakan telah mencapai kriteria nilai ketuntasan minimal yaitu 70.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

IDEAS Journal is published twice a year in the months of June and December (P-ISSN 2338-4778 and E-ISSN 2548-4192); it presents articles on English language teaching and learning, linguistics, and literature. The contents include analyses, studies and application of theories, research report, ...