Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari duasiklus. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melihat nilai hasil ujian shooting bolabasket kelas X AK I, untuk mengetahui letaka kesulitan pada pelajaran shooting bola basket,kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran audio-visual dan di akhiridengan pemberian tes tiap siklus I dan siklus II dengan instrumen penelitian lembaranpengamatan tes hasil belajar shooting bola basket dengan menggunakan lembar portofolio.Setelah data terkumpul dan dan dilakuakan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1)dari data hasil tes belajar siklus I diperoleh 16 orang (47%) yrng telah mencapai tingkatketuntasan belajar, sedangkan 18 orang (53%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,adapunnilai rata-rata siswa yang mencapai nilai KKM adalah 77,5. (2) dari tes hasil belajar siklus IIdiperoleh 26 orang (76,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 8 orang(23,5) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, adapun nilai rata-rata siswa yang mencapainilai KKM adalah 79. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa metodepembelajaran menggunakan media pembelajaran audio-visual dapat meningkatkan hasil belajarshooting bola basket pada sisiwa X AK I SMK Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Copyrights © 2017