Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipeSTAD terhadap hasil belajar keterampilan dasar sepakbola dan manakah yang lebih berpengaruhantara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model konvensionalterhadap hasilbelajar keterampilan dasar sepakbolasiswa kelas V, VI SD Negeri 6 Watampone.Desainpenelitian yang digunakan adalah RandomizePretest-Posttest Control Group Design. Analisisdata yang digunakan adalah Uji Paired Sample t-test dan Independent Sample t-testPosttest.Hasil yang diperoleh adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STADterhadap hasil belajar keterampilan dasar sepakbola siswa, dan pengaruh model pembelajarankooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Pembelajaranpendidikan jasmani dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dikemas secarakolaboratif mampu membuat siswa menjadi lebih kreatif 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017