KEMBARA
Vol 2, No 1 (2016): April

ANALISIS WACANA DALAM GURINDAM XII DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SERTA IMPLIKASINYA SEBAGAI MATERI AJAR SASTRA

Windiatmoko, Doni Uji (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan aspek tekstual, kontekstual, intertekstual, dan nilai pendidikan karakter dalam gurindam XII karya Raja Ali Haji. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks Gurindam XII karyaRaja Ali Haji. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, dan paragraf dalam teks Gurindam XII karyaRaja Ali Haji, khususnya pasal V dan VI. Teknik analisis data menggunakan analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian menunjukkan, (1) aspek tekstual secara gramatikal meliputi pengacuan (referensi), pelesapan (elipsis), dan perangkaian (konjungsi), sedangkan secara leksikal meliputi repetisi (pengulangan), sinonimi (padan kata), antonimi (lawan kata), kolokasi (sanding kata), hiponimi (hubungan atas-bawah), dan ekuivalensi (kesepadanan bentuk). (2) Aspek kontekstual, menunjukkan konteks sosial budaya dan konteks situasi (fisik dan kemanfaatan). (3)Aspek intertekstual menunjukkan bahwa kedua pasal tersebut ada keterkaitan atau saling memengaruhi baik secara wujud kata, klausa, kalimat maupun maknanya.(4) Nilai pendidikan karakter yang ditemukan yaitu jujur, gemar membaca, dan peduli sosial.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

KEMBARA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KEMBARA diterrbitkan sejak April 2015 oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. KEMBARA memuat artikel hasil penelitian bahasa, sastra, dan pengajarannya, yang diterbitkan pada bulan April dan ...