KEMBARA
Vol 2, No 2 (2016): Oktober

EKSPERIMENTASI STRATEGI BELAJAR PQ4R DENGAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK PADA SISWA KELAS VII SMP

Hasanudin, Cahyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang menghasilkan keterampilan membaca pemahaman cerita anak lebih baik diantara siswa yang diajar menggunakan strategi PQ4R dengan media komik atau strategi ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (Quasi Eksperimental Design) dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP MBS AL-Amin Bojonegoro yang berjumlah 38 siswa dan sampel diperoleh dengan menggunakan teknik SimpleRandom Sampling. Hasil sampling diperoleh bahwa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Data diuji hipotesisnya dengan menggunakan uji t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar menggunakan strategi PQ4R dengan media komik mempunyai keterampilan m

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

KEMBARA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KEMBARA diterrbitkan sejak April 2015 oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. KEMBARA memuat artikel hasil penelitian bahasa, sastra, dan pengajarannya, yang diterbitkan pada bulan April dan ...