Abstrak: PT. Nirmala Pangan Sejahtera mempekerjakan banyak tenaga penjualan (sales) dalam memasarkan produknya. Dalam melakukan pekerjaannya para tenaga penjualan (sales) ini biasanya dibagi kedalam beberapa wilayah. Setiap wilayah memiliki jumlah tenaga penjualan (sales) yang berbeda-beda disesuaikan dengan banyaknya mitra usaha yang berada di wilayah tersebut. Diperlukan pemimpin untuk mengkoordinir pekerjaan para tenaga penjualan (sales), yang disebut Distribution Sales Supervisor (DSS). Adapun kriteria dalam pemilihan adalah rekomendasi dari atasan, kepemimpinan, usia, dan kedisiplinan. Diperlukan suatu sistem pendukung keputusan dalam pemilihan Distribution Sales Supervisor (DSS) dalam penelitian ini digunakan metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan Simple Additive Weighting (SAW). Pada penelitian di ujikan 50 tenaga penjualan (sales). Pembobotan dilakukan untuk setiap kriteria dan terakhir perankingan sehingga diketahui tenaga penjualan (sales) yang paling layak menjadi Distribution Sales Supervisor (DSS). Dalam kajian ini juga dibuat aplikasi perangkat lunak penilaian tenaga penjualan (sales) untuk membantu dalam menentukan tenaga penjualan (sales) yang layak menjadi Distribution Sales Supervisor (DSS). Kata kunci: SPK, tenaga pemasaran, FDAM, SAW Abstract: PT. Nirmala Pangan Sejahtera employ many marketing personnel to sell their products. While doing his job the marketing personnel is usually divided into several areas. Every regions having numbers of workers the marketing personnel different adapted to many business partners in that area. The need for leader for coordinating the marketing personnel, called distribution sales supervisor (DSS). Criteria for the election are recommended from the boss, leadership, age, and discipline. Needed a the support system of decision in election distribution sales supervisor (DSS) in this research used method of fuzzy multiple attribute decision making (FMADM) with simple additive weighting (SAW). In the study are tested 50 marketing personnel. Weighting is done for each criterion and thus ranking so known marketing personnel are most worthy of being Distribution Sales Supervisor (DSS). In this study also made software application assessment marketing personnel to help in determining marketing personnel who worthy of being of distribution sales supervisor (DSS). Keywords: DSS, marketing personnel, FDAM, SAW
Copyrights © 2016