Informatics for Educators and Professional : Journal of Informatics
Vol 2 No 1 (2017): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Desember 201

Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming) Berbasis Project Based Learning

Endang Retnoningsih (Sistem Informasi
STMIK Bina Insani)

Jafar Shadiq (Sistem Informasi
STMIK Bina Insani)

Dony Oscar (Sistem Informasi
Amik BSI Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

Abstrak: Pembelajaran bertujuan membantu agar memperoleh pengalaman baik pengetahuan, keterampilan, dan nilai agar menjadi bertambah kuantitas maupun kualitasnya. Untuk itu pendidikan harus mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang kreatif. Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran menuntut daya pikir kreatif khususnya dalam pembelajaran pemrograman, kemampuan berpikir secara algoritma diperlukan agar program yang dibuat sesuai yang diharapkan. Pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming (OOP) memberikan kemudahan dalam pembuatan sebuah program, karena pemrograman OOP sudah menggunakan konsep modularitas object dan class. Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek atau object oriented programming (OOP) yang dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi, baik pada komputer maupun ponsel. Alice dapat digunakan untuk pembelajaran pemrograman berbasis Objek, karena Alice merupakan program yang dirancang untuk mempelajari konsep dasar program komputer sekaligus membuat story telling dan simple 3D game interactive. Alice dapat memperkenalkan konsep pemrograman secara menyenangkan melalui belajar membuat animasi dan permainan. Secara sederhana pembelajaran berbasis proyek menggunakan Alice dapat diterapkan dengan pembelajaran menggunakan teknologi animasi dengan masalah kehidupan sehari-hari. Metode belajar berbasis proyek (project based learning) membuat menjadi lebih aktif, kreatif dan berhasil memecahkan masalah dengan algoritma yang baik dan benar. Model pembelajaran berbasis proyek memiliki kelebihan dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi. Kata kunci: Alice, Pembelajaran berbasis project, Pemrograman berbasis objek Abstract: Learning aims to help to gain experience both knowledge, skills, and values ​​in order to become increasing quantity and quality. For that education should be able to prepare human resources creative. The problems found in learning require creative thinking especially in programming learning, the ability to think algorithm is needed to make the program made as expected. Object oriented programming or Object Oriented Programming (OOP) provides convenience in making a program, because OOP programming has been using the concept of modularity of objects and classes. Java is an object oriented programming (OOP) programming language that can run on various operating system platforms, both on computers and on mobile phones. Alice can be used for Object-based programming learning, as Alice is a program designed to learn the basic concepts of computer programs while creating story telling and simple 3D interactive games. Alice can introduce the concept of fun programming through learning to create animations and games. Simply project-based learning using Alice can be applied with learning using animation technology with daily life problems. Project-based learning (project based learning) methods make it more active, creative and successful in solving problems with good and correct algorithms. The project-based learning model has advantages in improving learning outcomes and motivation. Keywords: Alice, Object oriented programming, Project based learning

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ITBI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Other

Description

INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika STMIK BINA INSANI. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, ...