Network Engineering Research Operation [NERO]
Vol 2, No 3 (2016): NERO

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI SISTEM RANGKA MANUSIA (STUDI KASUS SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO)

Setyawan, Mohammad Bhanu ( Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Ponorogo Jl Budi utomo No.10, Ponorogo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Banyak media yang digunakan oleh guru SD dalam menyampaikan materi tentang rangka manusia dengan cara antara lain: memperhatikan gambar yang ada di buku cetak, menggambar di papan tulis atau melihat melalui video. Metode tersebut relatif pasif dan kurang interaktif sehingga membuat pelajaran kurang menarik, sehinggga perlu pemanfaatan Information Communication and Technology (ICT). Augmented reality merupakan alternatif dalam menerapkan pembelajaran interaktif sekaligus menghibur bagi anak didik.  Metode peneltian dalam perancangan media pembelajaan berbasis augmented reality menggunakan metode waterfall, yaitu tahap analisis, perancangan, desain dan script, serta pengujian dilakukan melalui survey kuisioner kepada 51 siswa SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Analisis peungujian aplikasi terhadap daya tarik siswa SD dilakukan berdasarkan berbasis angket kuisioner dengan skala butir pertanyaan menggunakan skala likert dengan skala 3. Hasil analisis validitas menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel= 1.67655 dan reabilitas menunjukkan alpha sebesar = 0.28703 sehingga semua pertanyaaan valid dan reliabel. Tanggapan responden terhadap aplikasi sistem rangka manusia berbasis augmented reality bernilai mudah,menarik dan jelas diwujudkan dalam 5 aspek yaitu kemudahan penggunaan aplikasi cukup mudah  sebesar 51%,  ketertarikan terhadap aplikasi 70,6%,, kemudahan mendapatkan informasi sebesar 74,5%, kelayakan animasi cukup menarik sebesar 52,9 % dan penilaian secara keseluruhan aplikasi adalah bagus dengan prosentase 74 %.Kata Kunci: marker, augmented reality, media pembelajaran

Copyrights © 2016