Target pembangunan Provinsi Gorontalo berfokus pada efisiensi jaringan transportasi. Pembangunan ini ditargetkan rampung pada tahun 2019 namun mengalami kendala yakni gerakan tanah atau longsor. Salah satu solusi penanganan terkait permasalahan longsor ini ialah dengan cara mengidentifikasi tipe longsoran dan bidang gelincir longsoran. Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi tipe longsoran dan mengidentifikasi bidang gelincir longsoran pada GORR (Gorontalo Outer Ring Road) dengan menggunakan metode geologi lapangan dan analisis stereografi. Metode penelitian yang digunakan ialah metode geologi lapangan dan analisis studio. Metode geologi lapangan berfokus pada pengumpulan data permukaan seperti data litologi, geomorfologi, dan struktur geologi, berupa bidang diskontinuitas di daerah penelitian. Analisis studio terdiri dari pengolahan dan interpretasi data bidang diskontinuitas untuk merekonstruksi tipe longsoran di daerah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satuan geomorfik daerah penelitian merupakan perbukitan denudasional yang tersusun atas batugamping terumbu. Pengukuran struktur geologi mengungkapkan bahwa arah tegasan utama berarah relatif Timur-Barat dengan dip direction relatif ke Selatan. Kedudukan bidang gelincir ialah N 126o E/21o SW. Hasil rekonstruksi tipe longsoran menunjukkan tipe plane failure dengan jenis pergerakan longsoran berupa luncuran (slide). Salah satu cara penanggulangan longsoran dapat dengan melakukan pengerukan material longsoran dan pembuatan dinding penahan longsoran di sepanjang longsoran.
Copyrights © 2018