Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah adanya pengaruh antara knowledge spillover dan pertumbuhan ekonomi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang sudah tersedia dan didapat melalui instansi-instansi tertentu dan website pada tahun 2011 sampai tahun 2014. Data yang dikumpulkan lalu diregresi dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan antara knowledge spillover terhadap pertumbuhan ekonomi di Aceh. Dari hasil uji Random Effect dan menggunakan nilai probabilitas 10% bahwa knowledge spillover berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dibandingkan dengan hasil uji Common Effect dan Fixed Effect. Dengan begitu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apabila anggaran pendidikan meningkat maka pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan fasilitas sekolah dan kualitas guru. Oleh karena itu apabila tingkat pendidikan masyarakat tinggi maka produktifitas masyarakat juga akan meningkat sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Kata Kunci: Anggaran Pendidikan, Jumlah Sekolah, Jumlah Guru, Pertumbuhan Ekonomi.
Copyrights © 2017