Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 6, No 2 (2015): SEPTEMBER 2015

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN OPTIKA GEOMETRIS KELAS X SMA NEGERI 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Jeffi Harkina Senjani (Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang)
Nur Khoiri (Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang)
Harto Nuroso (Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan optika geometris siswa kelas X SMA Negeri 2 Pati. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen quasi eksperimen nonequivalent pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIA SMA Negeri 2 Pati yang diampu oleh guru yang sama. Penulis mengambil sampel dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak, kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan video pembelajaran sedangkan kelas X MIA 3 sebagai kontrol yang hanya menggunakan model discovery learning. Data dianalisis dengan menggunakan uji gain yang ternormalisasi dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis, secara umum uji hipotesis dari penelitian ini diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,195 > 3,1667 dari data tersebut menunjukkan  ditolak dan = diterima. Disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan video pembelajaran berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan optika geometris kelas X SMA Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2014/2015.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...