BUNGAMPUTI
Vol 4, No 3 (2017)

Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Kelompok B3 TK Aisyiyah V Palu

Rizki D Kandupi, Arifah Ananda (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2017

Abstract

Masalah pokok dalam tulisan ini adalah perkembangan motorik halus anak yang belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif terhadap perkembangan motorik halus anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, adapun subjek seluruh anak di kelompok B3 TK Aisyiyah V Palu yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, data dianalisis dengan teknik presentase. Data sebelum penelitian, kelenturan jari jemari 7% kategori (BSB), 20% kategori (BSH), 33% kategori (MB), dan 40% kategori (BB). Kecepatan jari jemari, 7% (BSB), 20% (BSH), 20% kategori (MB), 53% kategori (BB). Ketepatan jari jemari, 7% kategori (BSB), 13% kategori (BSH), 20% kategori (MB), dan 60% kategori (BB). Sesudah menggunakan APE ada peningkatkan motorik halus, kelenturan jari jemari 33% kategori (BSB), 53% kategori (BSH), 7% kategori (MB) dan 7% kategori (BB). Kecepatan jari jemari 33% kategori (BSB), 47% kategori (BSH), 13% kategori (MB) dan 7% kategori (BB). Ketepatan jari jemari 33% kategori (BSB), 53% kategori (BSH), 7% kategori (MB) dan 7% kategori (BB). Disimpulkan bahwa ada pengaruh alat permainan edukatif terhadap perkembangan motorik halus anak, terbukti ada peningkatan rata-rata 40% kategori (BSB), 71% kategori (BSH), 31% kategori (MB), 58% kategori (BB).

Copyrights © 2017