Eksplorasi
Vol 28, No 2 (2016): Eksplorasi

MODEL PEMELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Yusuf, Wartoyo & (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang efektif untukpendidikan karakter di sekolah dasar kelas rendah berdasarkan kurikulum 2013. Modelpembelajaran ini diharapkan mampu membantu guru dalam melaksanakan pembelajaranpendidikan karakter di sekolah dasar terutama pada kelas rendah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif analitik berbasispemecahan masalah penelitian pengembangan atau dikenal dengan Research and Development(R&D). Penelitian pengembangan ini dilakukan dua tahap. Tahap pertama mengungkap danmenganalisis model pembelajaran pendidikan karakter yang selama ini dilaksanakan disekolah dasar khususnya pada kelas rendah di Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta, danselanjutnya dirancang draft desain model pembelajaran pendidikan karakter yang efektifkhususnya untuk sekolah dasar kelas rendah. Desain model pembelajaran ini dirancang denganberkonsultasi pada dua ahli yaitu ahli pendidikan karakter dan ahli kurikulum. Selanjutnyapada tahun kedua sebelum digunakan, desain model pembelajaran ini diujicobakan terlebihdahulu. Kemudian dilakukan analisis untuk melihat kelemahan yang ada, baru kemudiandisosialisasikan.Kata Kunci: model pembelajaran, pendidikan karakter, sekolah dasar kelas rendah

Copyrights © 2016