Jurnal Office
Vol. 1, No. 2, Juli - Desember 2015

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI PEMBERIAN KUIS PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA SMP NEGERI 1 BAJENG

Ma'ruf, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII.H SMP Negeri 1 Bajeng  yang berjumlah 43 siswa terdiri atas 23 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas empat komponen utama, yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan untuk data peningkatan keaktifan siswa dalam kelas digunakan lembar observasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67 dengan persentase jumlah siswa dalam kategori tuntas sebesar 32,56 persen sedangkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73 dengan persentase jumlah siswa dalam kategori tuntas sebesar 74,42 persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VII.H SMP Negeri 1 Bajeng  dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode pemberian kuis pada awal pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kuis, Proses Pembelajaran

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jo

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Office adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian dan kajian pemikiran bidang ilmu administrasi, ilmu manajemen, kebijakan publik, dan kegiatan lainnya yang ...