Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis
Vol 10, No 2 (2013)

IMPLEMENTASI PENGELOLAAN MODAL INTELEKTUAL (INTELLECTUAL CAPITAL) UNTUK MENCIPTAKAN DAYA SAING UMKM

Zuliyati Zuliyati (Fakultas Ekonomi, Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2014

Abstract

AbstrakEra globalisasi ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. Kemampuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi salah satu faktor daya saing yang sangat penting dewasa ini. Menyadari akan persaingan global yang semakin ketat dan berat, maka perlu perubahan paradigma dari semula mengandalkan pada resources-based competitiveness menjadi knowledge-based competitiveness yang dapat berwujud berupa teknik, metode, cara produksi, serta peralatan atau mesin yang dipergunakan dalam suatu proses produksi. Modal Intelektual kini disadari merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kemajuan sebuah organisasi. Model yang dikembangkan Stewart (1997) membagi dan mengklasifikasikan Modal Intelektual menjadi tiga bentuk dasar yaitu pertama adalah modal manusia, kedua; modal struktural dan ketiga; modal pelanggan. Keterampilan dan pengalaman UMKM sangat penting dalam pengelolaan / penciptaan pengetahuan, dimana pengetahuan merupakan sebagai unsur intellectual capital. AbstractThe globalization era is characterized by the development of science and technology rapidly. The ability of Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs) in the field of science and technology to be one of the factors of competitiveness are very important nowadays. Recognizing the increasingly fierce global competition and heavy , it is necessary to change the paradigm of relying on previously - based resources into a knowledge- based competitiveness competitiveness which can be either in the form of techniques, methods, means of production, as well as equipment or machinery used in the production process. Intellectual capital is now recognized factors that affect the progress of an organization . The model developed by Stewart (1997 ) Intellectual Capital divides and classifies into three basic forms: first human capital, second; structural capital and third; customer capital. Skills and experience are very important to management of SMEs / creation of knowledge, where knowledge is as an element of intellectual capital.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JDEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISNU Jepara menyajikan artikel ilmiah di Bidang Ekonomi dan Bisnis baik umum maupun ...