Journal of Animation & Games Studies
Vol 4, No 1 (2018): April 2018

Perancangan Boardgame dengan Sumber Gagas Cerita Rakyat Timun Mas

Andy D Dirgantara (Institut Teknologi Harapan Bangsa Bandung)
Donnie B Wijaksana (Institut Teknologi Harapan Bangsa Bandung)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini merancang sistem mekanika permainan yang mampu menyampaikan nilai moral pada cerita rakyat kedalam pengalaman bermain. Tujuan khusus yang ingin dicapai adalah pengembangan teknik transformasi media komunikasi cerita verbal ke dalam media bahasa tutur eksperiensial sebagai upaya untuk menjaga kelangsungan hidup budaya Indonesia. Target luaran dari penelitian ini adalah purwarupa board game. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik eksperimen visual dan media, observasi perilaku bermain, dan diskusi kelompok terarah terapan gameplay pada permainan.Kegiatan penelitian dibagi dalam lima tahapan, setiap tahap bertujuan untuk memformulasikan unsur-unsur yang ada dalam permainan. Tahap pertama merupakan proses pemetaan nilai moral yang akan menjadi tujuan akhir perancangan. Tahap kedua menterjemahkan nilai tersebut menjadi mekanika permainan yang akan di terapkan pada perangkat permainan. Tahap ketiga mengujicobakan tata cara bermain yang mengoptimalkan penggunaan perangkat. Tahap keempat menyempurnakan gameplay dan penerapan tema visual untuk pembangunan purwarupa. Tahap kelima melaksanakan beta testing untuk menyelaraskan tujuan permainan, tata cara bermain dan tema visual, sehingga pemain dapat merasakan sendiri pengalaman yang mendasari nilai moral pada cerita rakyat. Akhir dari penelitian ini menghasilkan purwarupa dan kemasan siap cetak yang dapat menjadi produk kreatif asli buatan Indonesia.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jags

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Animation & Games Studies (JAGS) merupakan jurnal interdisipliner mengenai perkembangan riset, rekayasa cipta, studi pustaka maupun kajian di bidang animasi dan game yang termasuk dalam ranah seni terapan media ...