Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi
Semester Ganjil 2015/2016

APLIKASI PENDUKUNG PENGETAHUAN PENINGGALAN SEJARAH CANDI JAWA DENGAN KONSEP ADVENTURE GAME PADA SISWA SDF AL-FALAH KELAS V BERBASIS ANDROID

Harul umam, Amak yunus (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2015

Abstract

AbstrakMempelajari sejarah saat ini juga sudah diberikan di bangku Sekolah Dasar (SD), tetapikadang ada siswa yang kurang menanggapi mata pelajaran yang ada di dalam kelas. Siswa yangmasih duduk di bangku sekolah dasar senang terhadap permainan, kehidupan anak sulitdipisahkan dari dunia permainan namun disisi lain permaian juga mempunyai sisi negatifterhadap perkembangan kognitif anak, apalagi saat ini permainan banyak dijumpai di beberapagadget lebih-lebih sistem operasi Andiroid yang banyak di jumpai dan apabila salah dalammemilih permainan maka anak akan sulit untuk berkembang. Game aplikasi ini dapat mencapaitujuan sesuai dengan masalah yang di hadapi siswa sekolah dasar yaitu dengan dibuatnya gameedukasi tentang candi yang merupakan peninggalan sejarah di tingkat sekolah dasar gunamenambah pengetahuan peninggalan sejarah yang berupa candi dan nantinya siswa-siswisekolah dasar kelas V tidak hanya bisa belajar di dalam kelas namun di luar kelas juga. Dalamgame aplikasi ini siswa diajak untuk menyelesaikan misi mencari candi-candi yang ada di pulaujawa dengan melewati beberapa rintangan pada masing-masing stage seperti berjalan melewatibebatuan, mengambil koin bintang, kuis sejarah, memecahkan puzzle dan melewati berbagaimacam rintangan karena konsep permainan ini Adventure Game sehingga memberikan kesaneasy FUN playing bagi user.Kata Kunci : Android, Aplikasi, Candi, Adventure GameAbstractToday, history subject has been taught in Elementary School (SD), but sometimes somestudents do not care about subject in the classroom. Students in elementary school tend to likeplaying. Childhood are difficult to be separated from playing, but game also have a negativeside to influence the cognitive development of children. Many games are often found in somegadgets, for example : the device using Android operating system. They should choose gamecarefully, otherwise their psychological development has problem. This application developedcan achieve the objectives to overcome the problems of primary school students. Thiseducational game has knowledge about historical relics such as temples. The primary schoolstudents especially the fifth grade are not only to learn in the classroom, but also outside theclassroom as well. In this game, the students are encouraged to complete the mission by seekingtemples on the Java island and passing some obstacles at each stage: walking through therocks, taking the star coins, and history quiz, solving puzzles. The concept is Adventure, thusthis impression of game is easy and fun for user.Keywords : Android, Aplication, Temple, Adventure Game

Copyrights © 2015