Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi
Semester Ganjil 2015/2016

APLIKASI PENDUKUNG PENGETAHUAN PENINGGALAN SEJARAH CANDI JAWA DENGAN KONSEP ADVENTURE GAME PADA SISWA SDF AL-FALAH KELAS V BERBASIS ANDROID

Amak Yunus, Herul Makmun/ (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2015

Abstract

AbstrakMempelajari sejarah saat ini juga sudah diberikan di bangku Sekolah Dasar (SD), tetapi kadang ada siswa yang kurang menanggapi mata pelajaran yang ada di dalam kelas. Siswa yang masih duduk di bangku sekolah dasar senang terhadap permainan, kehidupan anak sulit dipisahkan dari dunia permainan namun disisi lain permaian juga mempunyai sisi negatif terhadap perkembangan kognitif anak, apalagi saat ini permainan banyak dijumpai di beberapa gadget  lebih-lebih sistem operasi  Andiroid  yang banyak di jumpai dan  apabila salah dalam memilih permainan maka anak akan sulit untuk berkembang. Game  aplikasi  ini dapat mencapai tujuan sesuai dengan masalah yang di hadapi siswa sekolah dasar yaitu dengan dibuatnya gameedukasi tentang  candi  yang merupakan peninggalan sejarah di tingkat sekolah dasar guna menambah pengetahuan peninggalan sejarah yang berupa  candi  dan nantinya siswa-siswi sekolah dasar kelas V tidak hanya bisa belajar di dalam kelas namun di luar kelas juga. Dalam game aplikasi ini siswa diajak untuk menyelesaikan misi mencari candi-candi yang ada di pulau jawa dengan melewati beberapa rintangan pada masing-masing  stage  seperti berjalan melewati bebatuan, mengambil koin bintang, kuis sejarah, memecahkan  puzzle  dan melewati berbagai macam rintangan  karena konsep permainan ini  Adventure Game  sehingga memberikan kesan easy FUN playing bagi user. Kata Kunci : Android, Aplikasi, Candi, Adventure GameAbstractToday,  history subject has been taught in Elementary School (SD), but sometimes some students do not care about subject in the classroom. Students in elementary school  tend  to like playing. Childhood  are  difficult to be separated from playing, but  game  also have  a negative side to influence the cognitive development of children. Many games are often found in somegadgets, for example : the device using Android operating system. They should choose game carefully, otherwise their psychological development has  problem.  This  application developed can achieve the objectives to overcome the problems of primary school students. This educational game has knowledge about  historical relics  such as  temples.  The  primary schoolstudents especially the fifth grade are not  only to  learn in the classroom, but  also  outside the classroom as well. In this game, the students are encouraged to complete the mission by seeking temples on the  Java  island  and passing  some obstacles at each stage: walking through the rocks, taking  the  star coins, and history quiz, solving  puzzles. The concept  is  Adventure, thus this impression of game is  easy and fun for user.Keywords : Android, Aplication, Temple, Adventure Game

Copyrights © 2015