Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi
Semester Ganjil 2015/2016

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING DI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL

Moh Sulhan, Dewi Tikasari/ (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2015

Abstract

ABSTRAKPusat Konseling dan Testing adalah salah satu lembaga pendidikan  yang memiliki tujuan membentuk lulusan yang memiliki daya saing, kreatif, toleran, dan religius ,  salah satu layanan pusat konseling dan testing adalah Layanan Bimbingan Kelompok .  Mahasiswa  yang telah  mengikuti  bimbingan kelompok  setelah selesai  kegiatan  diharapkan untuk mengisi kuisioner, tujuan mengisi kuesioner untuk menilai pelayanan yang ada di  Pusat Konseling dan Testing. Dalam sistem pendukung keputusan ini menggunaka n metode servqual dimana  ada  14kriteria  yang di  digolongkan menjadi 5 dimensi yaitu tangible, emphty, responsiviness, reliability, assurance. Dalam kriteria tersebut terdapat 2 penilaia n yaitu nilai persepsi  -  nilai ekspektasi dimana akan diketahui nilai akhir dari permasing-masing kriteria yang kemudian akan dijadikan sebagai bahan laporan.  Berdasarkan pengujian data  analisis  servqual menghasilkan kesimpulan bahwasannya dalam meningkatkan mutu pelayanan di  Pusat Konseling dan Testing Unikama  terhadap  mahasiswa, telah terealisasi dan mampu mengoptimalkan fungsi kuesioner  dan dengan  adanya sistem ini pihak admin, dan  pimpinanmerasa terbantu dalam  merekapitulasi hasil  kuisioner  sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk  meningkatkan mutu pelayanan  Pusat Konseling dan Testing Unikama  terhadap mahasiswa.Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan,Metode Servqual,Kuesioner.ABSTRACTCounseling and Testing Center is institution that its purpose is to form graduates to be competitive, creative, tolerant, and religious. One of its services is guidance service for   group. Student that following the group guidance after completi of activities is expected to fill in the questionnaire. The purpose of filling a questionnaire is to assess the existing services at the Counseling and Testing Center.  This decision support system uses servqual method that contains 14 classified into five dimensions such as: tangible, empathy, responsiveness, reliability and, assurance. There are two assessment values e.g.: perception value and expectation value. Each criteria value will be calculated to be final value used for material report. Based on the testing data analyzed by servqual method the system has been realized and optimize the function of the questionnaire. With this system, admin and university leader are helped in recapitulating result of questionnaire, this it can be used as reference for improving service quality of Counseling and Testing Center of Unikama.Keywords: Decision Support Systems, Servqual Method, Questionnaire.

Copyrights © 2015