Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi
Semester Ganjil 2015/2016

“PEMBELAJARAN DAUR HIDUP SERANGGA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY”.

Wiji Setiyaningsih, A.Chandra Wahyu Styawan/ (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2015

Abstract

Daur hidup (life cycle), suatu proses yang menandai perkembangan suatu organisme sejak memulai hidupnya di bumi sampai bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan jenisnya.  Hasil belajar dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan tinggi rendahnya atau efektif tidaknya proses pembelajaran. Siswa di SDN Bandungrejosari 3 Sukun Malang dalam menerima pelajaran biologi khususnya pada materi daur hidup serangga masih kurang dipahami, karena siswa hanya melihat proses daur hidup (metamorfosis) serangga diterima kurang jelas karena tidak adanya alat peraga yang memvisualkan proses daur hidup serangga yaitu guru masih menggambar proses daur hidup serangga di papan tulis yang masih terlihat abstrak, akibatnya mempengaruhi menurunnya hasil belajar siswa.Unt uk  meningkatkan  hasil belajar siswa  maka  di bangun  aplikasi media pembelajaranyang  lebih interaktif untuk dapat meningkatkan hasil, dan minat belajar siswa mengenai materi daur hidup  serangga..  Agar  tujuan tersebut dapat  maka  aplikasi  akan  di bangu nmelalui teknologi IT yang sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok  yaitu  smartphoneAndroid.  Aplikasi  dibangun dengan menggunakan teknologi  augmented reality  yang memvisualisasikan proses daur hidup (metamorfosis) serangga secara  Real Time.  Dengan adanya aplikasi media pembelajaran ini,  mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam materi daur hidup serangga. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Daur Hidup Augmented Reality, AndroidABSTRACTLife cycle,  a process that  marked the development  of an organism  since the  start  of his lifeon earth  to  reproduce  to  maintain the existence of  its kind.  The  process  is a  rotation  (cycle or  cycles) because it  will be  returned  at the point of  beginning.  Learning outcomes  are influenced  by  the ability of students  and  the level  or  effectiveness of  the learning process.  Students  at  SDN  Bandungrejosari  3Sukun  Malang  in accepting  biology, especially  in the material  life  cycle of  the insect  is still  poorly understood,  because students  only  see the  life cycle process  (metamorphosis) of insects  received  less clear  because of  the lack of  props  to visualize  the  life cycle  of insects  that  teachers  still  draw  the  life cycle  of insects  on the board  still  seems abstract,  consequently  affecting the  decline in  student learning outcomes.To improve student learning outcomes then built media applications more interactive learning in order to improve outcomes and student interest in  learning about the life cycle of insects materials .. For that purpose can then be built through the application of IT technology that now has become a staple that is the Android smartphone. Applications built using augmented reality technology to visualize the life cycle process (metamorphosis) insects in Real Time.  With the application of this learning media, is expected to improve student learning outcomes, especially in the material life cycle of insects.Keywords: Learning tool, Life Cycle, Augmented Reality, Android

Copyrights © 2015