Daur hidup (life cycle), suatu proses yang menandai perkembangan suatu organisme sejak memulai hidupnya di bumi sampai bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan jenisnya. Hasil belajar dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan tinggi rendahnya atau efektif tidaknya proses pembelajaran. Siswa di SDN Bandungrejosari 3 Sukun Malang dalam menerima pelajaran biologi khususnya pada materi daur hidup serangga masih kurang dipahami, karena siswa hanya melihat proses daur hidup (metamorfosis) serangga diterima kurang jelas karena tidak adanya alat peraga yang memvisualkan proses daur hidup serangga yaitu guru masih menggambar proses daur hidup serangga di papan tulis yang masih terlihat abstrak, akibatnya mempengaruhi menurunnya hasil belajar siswa.Unt uk meningkatkan hasil belajar siswa maka di bangun aplikasi media pembelajaranyang lebih interaktif untuk dapat meningkatkan hasil, dan minat belajar siswa mengenai materi daur hidup serangga.. Agar tujuan tersebut dapat maka aplikasi akan di bangu nmelalui teknologi IT yang sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok yaitu smartphoneAndroid. Aplikasi dibangun dengan menggunakan teknologi augmented reality yang memvisualisasikan proses daur hidup (metamorfosis) serangga secara Real Time. Dengan adanya aplikasi media pembelajaran ini, mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam materi daur hidup serangga. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Daur Hidup Augmented Reality, AndroidABSTRACTLife cycle, a process that marked the development of an organism since the start of his lifeon earth to reproduce to maintain the existence of its kind. The process is a rotation (cycle or cycles) because it will be returned at the point of beginning. Learning outcomes are influenced by the ability of students and the level or effectiveness of the learning process. Students at SDN Bandungrejosari 3Sukun Malang in accepting biology, especially in the material life cycle of the insect is still poorly understood, because students only see the life cycle process (metamorphosis) of insects received less clear because of the lack of props to visualize the life cycle of insects that teachers still draw the life cycle of insects on the board still seems abstract, consequently affecting the decline in student learning outcomes.To improve student learning outcomes then built media applications more interactive learning in order to improve outcomes and student interest in learning about the life cycle of insects materials .. For that purpose can then be built through the application of IT technology that now has become a staple that is the Android smartphone. Applications built using augmented reality technology to visualize the life cycle process (metamorphosis) insects in Real Time. With the application of this learning media, is expected to improve student learning outcomes, especially in the material life cycle of insects.Keywords: Learning tool, Life Cycle, Augmented Reality, Android
Copyrights © 2015