ABSTRAKUntuk memperluas area usahanya selama ini, Teh Racek yang merupakan salah satu inovator waralaba di Malang berkhas minuman teh seduhan masih mengandalkan intuisi yang kurang mempertimbangkan kriteria- kriteria pendukung serta tidak menggunakan perhitungan sistematis dalam penentuan lokasi usaha waralaba yang strategis.Maka dari itu, dibuatlah suatu sistem pendukung keputusan penentuan lokasi usaha waralaba menggunakan metode Promethee yang diharapkan dapat memberikan referensi lokasi baru serta dapat membandingkan lokasi usaha lain dengan mempertimbangkan beberapa variabel atau kriteria yang berpengaruh. Tidak hanya itu saja diharapkan dengan adanya sistem ini akan menghasilkan sistem rekomendasi penetuan lokasi yang lebih baik dalam segi penjualan produk dan dapat meningkatkan hasil laba penjualan. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Waralaba, Metode Promethee.ABSTRACTFor expanding its business area, CV. TEARAI as the one of innovators brewer tea franchise in Malang, still depends on the intuition without considering many criteria and systematic calculation for determining the strategic franchise location.Therefore, decision support system for determining location of franchise using Promethee is made, to help users to give reference for new locations and compare other business locations considering some criteria and variables. This system also help the users to choose the best place in term of market rate, sold product, etc. In order to get more profit with choosing the right target. Keywords: Decision Support System, Franchise, Promethee method
Copyrights © 2015