Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi
Semester Genap 2015/2016

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI USAHA WARALABA TERBAIK MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE

Akhbara Saga Rahacrisma, Akhbara Saga Rahacrisma/Wiji Setiyanings (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2016

Abstract

ABSTRAKUntuk memperluas area usahanya  selama ini, Teh Racek  yang merupakan salah satu inovator waralaba di Malang berkhas minuman teh seduhan masih mengandalkan intuisi yang kurang mempertimbangkan kriteria- kriteria pendukung serta tidak menggunakan perhitungan sistematis dalam penentuan lokasi usaha waralaba yang strategis.Maka dari itu,  dibuatlah  suatu sistem  pendukung keputusan penentuan lokasi usaha waralaba  menggunakan metode  Promethee  yang  diharapkan  dapat  memberikan referensi lokasi baru serta dapat  membandingkan lokasi usaha lain dengan mempertimbangkan beberapa variabel atau kriteria yang berpengaruh. Tidak hanya itu saja diharapkan dengan adanya sistem ini akan menghasilkan  sistem rekomendasi penetuan lokasi yang lebih baik dalam segi penjualan produk dan dapat meningkatkan hasil laba penjualan. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Waralaba, Metode Promethee.ABSTRACTFor expanding its  business area, CV. TEARAI as the one  of  innovators  brewer tea franchise in Malang, still depends  on the intuition  without  considering  many criteria and systematic calculation for determining the strategic franchise location.Therefore,  decision support system for determining  location  of franchise using Promethee  is  made,  to  help users  to give reference  for new locations and  compare other business locations considering some criteria and variables. This system also help the users to choose the best place in term of market rate, sold product, etc.  In order to  get more profit with choosing the right target. Keywords: Decision Support System, Franchise, Promethee method

Copyrights © 2015