INOVTEK POLBENG
Vol 7, No 1 (2017): INOVTEK VOL.7 NO 1 - 2017

PRELIMINARY DESIGN KEMUDI KAPAL LCT 200 GT

Naufal Abdurrahman (Program Studi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, Politeknik Negeri Batam 2Akademi Perikanan Bitung)
Agus Purwanto (Program Studi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, Politeknik Negeri Batam 2Akademi Perikanan Bitung)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2017

Abstract

AbstrakKapal pada kondisi operasionalnya dituntut untuk bergerak cepat dan mampu untuk maneuver dengan lihai.  Sistem kemudi adalah salah satu di antara alat mekanis yang dipakai untuk menentukan kemampuan maneuver kapal dan mengarahkan kapal ke lokasi atau tujuan tertentu. Beberapa hal yang mempengaruhi kelincahan maneuver kapal pada permukaan air adalah bentuk lambung serta kesesuaian daun kemudi dengan bentuk lambungnya. Daun kemudi yang tidak sesuai untuk ukuran kapal tertentu memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kapal tersebut pada saat berlayar. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan kemudi yang optimal sesuai dengan bentuk lambung kapal LCT 200 GT sehingga mampu mendukung performa operasi kapal. Pendekatan perancangan model dibagi menjadi tiga tahapan proses, yaitu: concept design, initial design dan detailed design.Kata kunci: Kapal LCT, desain kemudi, Manuvering, Preliminary Design,Steering System

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

IP

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Inovasi dan Teknologi Politeknik Negeri Bengkalis merupakan jurnal berbasis penelitian ilmiah. Artikel ilmiah dapat berupa hasil penelitian, artikel penelitian asli, review dan kajian ...