JURNAL BAHASA, SASTRA DAN PEMBELAJARANNYA
Vol 3, No 1 (2013): JURNAL BAHASA, SASTRA DAN PEMBELAJARANNYA (JBSP)

PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK USIA 3-6 TAHUN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BINA HARAPAN (INDONESIAN VOCABULARY ACQUISITION OF CHILDREN AGED 3-6 YEARS AT PAUD BINA HARAPAN)

Ana Lestari Maria L.A.S (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2018

Abstract

AbstractIndonesian Vocabulary Acquisition of Children Aged 3-6 Years at PAUD BinaHarapan.The aim of this study is describe (1) vocabulary acquired any children aged3-6 years in early childhood education Bina Harapan, (2) obtained any children aged3-6 years in early childhood education Bina Harapan, and (3) it compares to theacquisition of Indonesian vocabulary of children aged 3-6 years in early childhoodeducation Bina Harapan. The approach used in this study is a qualitative approach,namely, research that generate and process data that are descriptive, such as fieldnotes, drawings, photographs and video recordings, etc. The method used is descriptivequalitative method. This analysis method is a method of research that seeks to create adescription, picture or painting in a systematic, factual and accurate as to facts,properties and relationships between phenomena are investigated in this study. Inaccordance with the method used the technique of data collection in this study isobservation and observation techniques. Data analysis technique used is descriptiveinterpretive techniques, the researchers describe as a whole. The results and discussionof Indonesian vocabulary acquisition of children aged 3-6 years in early childhoodHope Community Development are: (1) children aged 3-6 years have acquired basicvocabulary of nouns, verbs, adjectives, numbers, pronouns, word kinship, and thevocabulary again. (2) Children aged 3-6 years acquire affixes prefixes (his, her, her,and air), affixes suffixes (-it), and affixes infix (-el-). (3) Comparison of Indonesianvocabulary in children aged 3-6 years seen from the acquisition of vocabulary in aconcrete noun (the board and books), verb (to write), adjectives (red and yellow),pronouns (we and us) , and affix the prefix (write). Comparative vocabulary of childrenaged 3-6 years contained in the abstract vocabulary, the verb (reading and learning),adjectives (good and bad), said the numbers (1-10), said the family (brother and sister),affix the prefix (read and drawing), affix the suffix (all), uo infix (learning), and repeatedvocabulary (one-one and two-two).Keywords: vocabulary, affixes, early childhood educationAbstrakPemerolehan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 3-6 Tahun pada Pendidikan AnakUsia Dini Bina Harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) kosakataapa saja yang diperoleh anak usia 3-6 tahun pada pendidikan anak usia dini BinaHarapan, (2) imbuhan apa saja yang diperoleh anak usia 3-6 tahun pada pendidikananak usia dini Bina Harapan, dan (3) perbandingan pemerolehan kosakata bahasaIndonesia anak usia 3-6 tahun pada pendidikan anak usia dini Bina Harapan?152Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitupenelitian yang menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriptif, seperticatatan lapangan, gambar, foto rekaman video dan lain-lain. Metode yang digunakanadalah metode deskriptif kualitatif. Metode analisis ini adalah metode penelitian yangberusaha untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktualdan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yangdiselidiki dalam penelitian ini. Sesuai dengan metode yang digunakan maka teknikpengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi dan pengamatan. Teknikanalisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif interpretatif, yaitu penelitimemaparkan secara keseluruhan. Hasil penelitian dan pembahasan pemerolehankosakata bahasa Indonesia anak usia 3-6 tahun pada PAUD Bina Harapan adalah:(1) anak usia 3-6 tahun telah memperoleh kosakata dasar pada kata benda, kata kerja,kata sifat, kata bilangan, kata ganti, kata kekerabatan, dan kosakata ulang. (2) Anakusia 3-6 tahun memperoleh imbuhan prefiks (me-, mem-, meng-, dan ber-), imbuhansufiks (–nya), dan imbuhan infiks (-el-). (3) Perbandingan kosakata bahasa Indonesiapada anak usia 3-6 tahun terlihat dari pemerolehan kosakata konkret pada kata benda(papan tulis dan buku), kata kerja (menulis), kata sifat (merah dan kuning), kata ganti(kita dan kami), dan imbuhan prefiks (menulis). Perbandingan kosakata anak usia 3-6 tahun terdapat pada kosakata abstrak, yaitu kata kerja (membaca dan belajar),kata sifat (baik dan nakal), kata bilangan (1-10), kata kekerabatan (adik dan kakak),imbuhan prefiks (membaca dan menggambar), imbuhan sufiks (semuanya), imbuhaninfiks (belajar), dan kosakata ulang (satu-satu dan dua-dua).Kata-kata kunci: kosakata, imbuhan, pendidikan anak usia dini

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jbsp

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JURNAL BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA diterbitkan sejak 1 April 2011 oleh Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) dengan Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI) Cabang Universitas Lambung Mangkurat, ...