Penggunaan Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VIII Dalam Menulis TeksRecount Di MTsN Kelayan Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas iniditujukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount melalui penggunaangambar. Penelitian ini melibatkan 38 siswa kelas VIII MTsN Kelayan Banjarmasin tahun pelajaran2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengikuti prosedur penelitian tindakankelas: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri atas tiga pertemuan.Data penelitian dikumpulkan melalui ceklis pengamatan, catatan-catatan lapangan, kuesioner,dan tugas menulis. Temuan-temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gambar dapatmeningkatkan kemampuan menulis siswa. Peningkatan dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-ratamenulis siswa dan jumlah siswa yang mampu melampaui nilai standar minimal untuk menulis. Selainitu, penggunaan gambar dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa selama tugas menulis.Kata-kata kunci: teks recount, menulis, penggunaan gambar
Copyrights © 2016