Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika
Vol 8 No 2 (2018): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika

Aplikasi Pengenalan Bahasa Jepang dan Inggris untuk Anak-Anak Berbasis Android

Bayu Fajar Pratama (Universitas Muhammadiyah Malang)
Lailatul Husniah (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Media pembelajaran berhitung untuk anak merupakan suatu media pengenalan angka untuk anak-anak yang dapat digunakan pada platform Android smartphone. Media pembelajaran ini memuat beberapa materi seperti angka satuan, puluhan, penjumlahan, dan pengurangan. Dalam pembuatan media pembelajaran ini dibutuhkan aplikasi atau game engine yang dapat mengkombinasikan antara teks, gambar, animasi, dan sound. Penelitian ini menggunakan game engine Unity3D yang dikembangkan dengan metode Multimedia Development Life Cycle dengan 6 tahapan yaitu: konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan aplikasi belajar berhitung untuk anak-anak. Aplikasi yang dihasilkan oleh penelitian ini telah diuji menggunakan pengujian blackbox yang menghasilkan indikator sukses di setiap pengujian.

Copyrights © 2018