IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer dan Informatika
Vol 2 No 2 (2018): IKRAITH INFORMATIKA VOL 2 NO 2 Juli 2018

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN E-LEARNING PENDEKATAN BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS MULTIMEDIA

Soewono, Eddy Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2018

Abstract

Proses pendekatan dalam kegiatan belajar mengajar merupakan suatu hal yang sangat perlu untuk menarik siswa agarmotivasi belajar meningkat. Hal ini perlu diupayakan peningkatan motivasi belajar siswa karena akan berpengaruh terhadapprestasi belajar matematika di sekolah. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah denganpendekatan bimbingan belajar berbasis multimedia, motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematikasiswa. Penelitian eksperimen ini mengambil populasi sekolah SMA di Kabupaten Bandung yang dalam pembelajarannyabelum pernah menggunakan multimedia dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Sampel dari penelitian ini adalahkelas XII SMA 1 Banjaran. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket motivasi dan instrumen tes prestasi belajarmatematika serta angket respon siswa terhadap pendekatan belajar yang digunakan. Berdasarkan hasil pengolahan datamenggunakan program SPSS 20.0, data menunjukan bahwa hasil korelasinya signignifikan dengan pengaruh penggunaanpendekatan bimbingan belajar berbasis multimedia menyebabkan motivasi belajar siswa meningkat dan berpengaruhterhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa sebesar 55,4%.

Copyrights © 2018