IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 2 No 2 (2018): IKRAITH-HUMANIORA vol 2 Nomor 2 Bulan Juli 2018

BERBAGAI FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK FASHION (STUDI PADA KONSUMEN E-COMMERCE C2C SOPHEE)

Hanifa, Fanni Husnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2018

Abstract

Menurut survei Nielsen, Penetrasi telepon seluler di wilayah perkotaan Indonesia mencapai 88%. Nielsenjuga mengatakan setidaknya enam dari sepuluh konsumen Indonesia (61%) menggunakan telepon seluler untukberbelanja secara online. Menurut Badan Pusat Statistik Indonesia, sebanyak 77,81% pengguna internet diIndonesia mencari informasi mengenai barang atau jasa yang dibutuhkan. Asosiasi E-Commerce Indonesiamenyebutkan bahwa fashion adalah produk yang paling banyak dibeli secara onlie. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen produk fashionpada e-commerce c2c Shopee. Adapun yang menjadi variabel yang diteliti adalah faktor internal yang terdiridari budaya, individu, sosial dan psikologis dan faktor pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dandistribusi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden 100 orang.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dengan terlebih dahulu melakukan pengecekanKMO dan Bartlett’s Test dan pengecekan anti images matrices. Hasil penelitian ini adalah sebanyak 7 varibeltermasuk dalam faktor 1, 4 variabel masing-masing termasuk dalam faktor 2 dan 3, 3 variabel termasuk dalamfaktor 4 dan 1 variabel masing-masing temasuk dalam faktor 6 dan 7.

Copyrights © 2018