Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya pada materi letak bilangan pada garis bilangan di kelas III masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa hanya mencapai nilai 60 sedangkan standar ketuntasan belajar minimal (KKM) untuk mata pelajaran matematika adalah 70, serta ketuntasan belajar secara klasikal 85% dari jumlah siswa. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi letak bilangan pada garis bilangan menggunakan media visual di kelas III. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, masing-masing siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas III yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian mencakup soal tes akhir, aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan persentase yaitu mendeskripsikan kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan skor rata-rata tingkat kemampuan guru (TKG) dan tingkat kemampuan siswa (TKS). Dari hasil penelitian selama dua siklus menunjukan bahwa hasil aktivitas siswa pada siklus pertama dengan skor 3,21 (baik), dan terjadi peningkatan pada siklus kedua dengan skor 3,47 (baik). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus pertama 15 orang atau 50% (tuntas) sementara 15 orang atau 50% (belum tuntas), dan siklus kedua mengalami peningkatan menjadi 1 orang siswa atau 3,33% (belum tuntas) sementara 29 orang siswa atau 96% (tuntas). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual pada materi letak bilangan pada garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III
Copyrights © 2017