Jurnal Mantik Penusa
Vol. 1 No. 2 (2017): Jurnal Mantik Penusa

Meningkatkan Kreativitas Dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Persegi Dan Persegi Panjang

May Fitriana Hasibuan (POLITEKNIK TRIJAYA KRAMA)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2017

Abstract

Rendahnya tingkat kreativitas siswa pada pelajaran matematika sehingga membuat kurang termotivasinya siswa untuk mempelajari matematika pada Operasi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Yayasan  Karya Pendidik (Karpend) Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kreativitas dan motivasi belajar siswa dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievenment Division (STAD) pada Operasi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Yayasan  Karya Pendidik (Karpend) Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Yayasan  Karya Pendidik (Karpend) Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2016/2017yang terdiri dari  30 siswa dengan 13 siswa putra dan 17 siswa putri. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan mereduksi data dan menyaji data. Hasil analisis data menunjukkan hasil observasi yang terus meningkat dari siklus I, siklus II, siklus  III, dan hasil kuis siswa siklus I (53.3%), siklus  II (66.7%), siklus III(86.7%). Dari hasil ini diharapkan guru-guru pada pembelajaran matematika umumnya agar lebih meningkatkan pembelajaran bilangan bulat dengan menggunakan Pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievment Divisions) agar lebih dimengerti oleh siswa. Kata Kunci : Kreativitas, Motivasi,Bilangan Bulat, Pembelajaran Kooperatif STAD

Copyrights © 2017