Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 3, No 1 (2017): July

Metode Sosiodrama Untuk Mengasah Pelafalan Kalimat Anak Tunarungu

Ayu Yulistyani Fauziah (Universitas Negeri Malang)
Agung Kurniawan (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2018

Abstract

Menjelaskan pengaruh penggunaan sosiodrama dalam penajaman kalimat pengucapan untuksiswa hambatan pendengaran kelas XI di SMALB-B YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan desaineksperimental dengan desain Quasi eksperimental, desain time series, dengan Q1-Q4 pre test untukmengukur hasil belajar sebelum menggunakan metode sosiodrama dan Q5-Q8 post test untuk mengukurhasil belajar setelah menggunakan metode sosiodrama. Penggunaan metode sosiodrama dalam pelajaranBahasa Indonesia dapat diterapkan karena selain tujuan utamanya adalah mengucapkan kalimat, tetapijuga dapat melatih anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran pada aspek motorik, konsentrasi,kesabaran, dan ketekunan.reveal the influence of the use of sociodrama in sharpening sentences pronunciation forHearing Impairment students of XI grade in SMALB-B YPTB Malang. This study used experimentaldesign with Quasi experimental design, time series design, with Q1-Q4 pre test to measure learning resultbefore using sociodrama method and Q5-Q8 post test to measure learning result after using sociodramamethod. The use of sociodrama method in Indonesian Language lesson can be applied because besidesthe main purpose is to pronounce sentences, but also can train Hearing Impairment children on motoricaspect, concentration, patience, and persistence.

Copyrights © 2017