Belajar matematika berhitung penjumlahan siswa kelas IV masih relatif rendah. Selamapembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan guru hanya berpusat pada bukuteks. Kurang kreatifnya guru dalam menggunakan media pembelajaran menjadikan pembelajaran menjadimonoton dan siswa kurang aktif dalam belajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan:(1) kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunagrahita ringan kelas IV SDLB sebelum diterapkanmenggunakan media permainan abenteuer im zauberwald, (2) kemampuan berhitung penjumlahan siswatunagrahita ringan kelas IV SDLB sesudah diterapkan menggunakan media permainan abenteuer imzauberwald, (3) pengaruh penggunaan media permainan abenteuer im zauberwald terhadap kemampuanberhitung siswa tunagrahita ringan kelas IV SDLB. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimendengan menggunakan metode kuantitatif, desain Pre-Exsperimental Design bentuk one group pretestpostest design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik menggunakanuji Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS 24 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat pengaruh secara signifikan penggunakan media permainan abenteuer im zauberwald dalamberhitung penjumlahan.Learning mathematics counting the students of grade IV is still relatively low. During theteaching of teachers only use lecture, demonstration, and teacher methods only centered on textbooks.Less creative teachers in using learning media makes learning becomes monotonous and students lessactive in learning in the classroom. The purpose of the study describes: (1) The ability to count the studentsintellectual disability grade IV SDLB before being applied using the media ‘abenteuer im zauberwald’game, (2) The ability to count the students intellectual disability grade IV SDLB after being appliedusing the media ‘abenteuer im zauberwald’ game, (3) The influence of the use of media ‘abenteuer imzauberwald’ game against the ability of counting students intellectual disability grade IV SDLB. Thisresearch uses experimental research using quantitative method, Pre-Exsperimental Design design formone group pretest postest design. Data analysis technique used is parametric statistical analysis usingPaired Sample T-Test with SPSS 24 for Windows. The results showed that there is a significant influenceon the use of media game abenteuer im zauberwald in sum counting.
Copyrights © 2017