Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul adalah rumah sakit swasta yang berkembang di wilayah kota Bantul, memiliki Instalasi Laboratorium. Data kunjungan pelanggan terjadi peningkatan yaitu dari pasien rawat inap, pasien rawat jalan dan pasien luar pada tahun 2008 sampai tahun 2011. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran persepsi dengan kunjungan pasien luar di Laboratorium RS. PKU Muhammadiyah Bantul. Penelitian dengan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua pasien luar di Instalasi Laboratorium RS.PKU Muhammadiyah Bantul, menggunakan metode total sampling untuk pemilihan sampel pasien. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuesioner dan dokumentasi. Skala pengukuran mengunakan skala likert. Hasil analisis deskriptif penelitian adalah faktor yang berhubungan dan berkategori baik dengan kunjungan pasien luar di Laboratorium RSU PKU Muhammadiyah Bantul adalah dimensi kualitas secara umum, lokasi, pesaing, dan pelanggan dengan rentang nilai rata-rata 2,75 sampai dengan 3,61, sedangkan pemasaran belum termasuk kategori baik karena memiliki nilai rata-rata 2,43. Kunjungan pasien luar di laboratorium RSU PKU Muhammadiyah Bantul merupakan dari pelanggan lama dan rujukan atas permintaan sendiri berdasarkan karakteristik responden. Dimensi kualitas yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati sudah dilakukan dengan baik. Untuk lokasi sudah dilaksanakan dengan sangat baik, daya saing sudah diterapkan dan pasien luar sudah termasuk kategori pelanggan yang bermutu istimewa. Sedangkan pemasaran belum dilaksanakan dengan baik dalam hubungannya dengan kunjungan pasien luar di Laboratorium RSU PKU Muhammadiyah Bantul.
Copyrights © 2018