Kepuasan adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pasien terpenuhi. belum teraturnya jam besuk bagi keluarga pasien sehingga membuat ruangan pasien penuh, berisik, sesak, panas dan lamanya pelayanan dokter dan perawat serta perawat kurang komunikatif dan informatif, lamanya proses pelayanan serta tindakan medis.Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien penguna BPJS di ruang rawat inap kelas III RSUD Ade M. Djoen Kabupaten Sintang Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien pengguna BPJS yang di ruang rawat inap kelas III dengan jumlah total 41 responden, kemudian sampel diambil sebanyak 41 responden menggunakan metode total sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji statistik didapatkan hubungan kehandalan  (P-value=0,000), kecepatan (P-value=0,003), jaminan     (P-value=0,003), fasilitas rumah sakit (P-value=0,008), dan Perhatian (P-value=0,012) dengan kepuasan pasien. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara masing-masing variabel dengan kepuasan pasien penguna BPJS di ruang rawat inap kelas III RSUD Ade M. Djoen Kabupaten Sintang Tahun 2017
Copyrights © 2017