Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2018): Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII. 1 SMP NEGERI 21 KOTA PEKANBARU

Suriati Suriati (SMPN 21 Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini untuk menemukan tindakan yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn di Kelas VII. 1 di SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe True or False, yang dilaksanakan selama 1 bulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. 1 di SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru. Dengan jumlah siswa sebanyak 43 orang. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes tertulis dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe True or False dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn di Kelas VII. 1 di SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru. Keberhasilan ini disebabkan dengan penerapan pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe True or False menimbulkan interaksi yang bersifat terbuka dan langsung di antara sesama siswa, memberikan kepada para siswa waktu untuk berfikir dan merespons serta saling bantu satu sama lain sehingga siswa lebih banyak memiliki kesempatan untuk mengekspresikan pengalaman emosi yang menyenangkan. Dengan kondisi tersebut maka tingkat penerimaan siswa akan meningkat dan pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajarnya

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

dinamisia

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Focus and Scope of Jurnal Dinamisia is a National Journal based on the results of Community Service Activities in Applied Science and Social ...