JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika)
Vol 2, No 1 (2018): April

Pengembangan LKS Pemecahan Masalah Matematika Bilingual Berdasarkan Strategi Metakognitif untuk SMP Kelas VII

Hasbullah Hasbullah (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Yogi Wiratomo (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Eva Yuni Rahmawati (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa Matematika berdasarkan strategi metakognitif. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Dick &  Carey.  Proses  penelitian  ini  dilakukan  dalam  urutan  aktivitas sebagai berikut: 1. Melakukan analisis kebutuhan, 2) menentukan tujuan instruksional umum, 3) menentukan peta kompetensi, 4) meninjau   karakteristik   dan   latar   belakang   peserta   didik,   5) menentukan tujuan instruksional yang spesifik , Penilaian, 7) menentukan strategi pembelajaran, 8) menentukan materi pembelajaran, 9) melakukan evaluasi formatif, dan terakhir 10) melaksanakan evaluasi sumatif dan difusi inovasi pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar dalam bentuk Lembar Kerja Siswa Abstract: This research aims to develop Mathematics Student Worksheet based on Metacognitive Strategy. This research method is research development by using model of Dick & Carey. The process of this research is conducted in order of relevance as follows: 1. analysis results, 2) understanding of general instructional goals, 3) understanding of the map, 4) understanding of the characteristics and background of learners, 5) determination of specific instructional goals, assessment, 7) determination learning strategies, 8) determining learning materials, 9) conducting formative evaluations, and finally 10) implementing summative evaluations and. This study produces teaching materials in the form of Student Worksheet.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jtam

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM) dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram dengan ISSN (Cetak) 2597-7512 dan ISSN (Online) 2614-1175. Tim Redaksi menerima hasil penelitian, pemikiran, dan kajian tentang (1) Pengembangan metode atau model ...