JUTEI (Jurnal Terapan Teknologi Informasi)
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Terapan Teknologi Informasi

SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN RAPOR KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS: SMKN 2 PURWOKERTO)

Hendro Gunawan (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)
Agus Triantoro (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2017

Abstract

Kurikulum di Indonesia sudah mengalami perkembangan sejak periode sebelum tahun 1945 hingga kurikulum tahun 2006 yang berlaku sampai akhir tahun 2012 lalu. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Prinsip utama pengembangan kurikulum 2013 adalah didasarkan model kurikulum berbasis kompetensi dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan untuk satu satuan pendidikan, jenjang pendidikan dan program pendidikan. Selain memiliki prinsip utama, kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku.Dalam kurikulum 2013 guru merasa kesulitan untuk membuat sebuah penilaian, terutama dalam pembuatan deskripsi. Setiap kategori penilaian guru diwajibkan untuk memberikan uraian deskripsi berdasarkan kemampuan siswa dalam memahami setiap mata pelajaran.Untuk mengatasi hal tersebut, perlu sebuah metode baru dengan merancang dan membangun sebuah sistem informasi yang dapat memberikan pengolahan rapor serta dapat menghasilkan laporan yang sesuai. Sistem informasi pengolahan rapor kurikulum 2013 dibangun dengan metode pengembangan Waterfall dan pembuatan antarmuka menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic .Net, untuk tempat penyimpanan data menggunakan database MySQL dan penyajian informasi atau laporan menggunakan Report Viewer.Pengolahan rapor kurikulum 2013 dengan menggunakan sistem informasi pengolahan rapor kurikulum 2013 akan lebih mudah dalam penyajian deskripsi nilai untuk tiap pelajaran.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Terapan Teknologi Informasi (JUTEI) is a journal focusing on theory, practice, and methodology of all aspects in Information Technology and Computer Science, as well as productive and innovative ideas related to new technology and applied sciences. This journal is managed by the Faculty of ...