Kota Surakarta mempunyai lebih dari satu Pusat perbelanjaan, salah satunya adalah Pusat Grosir Solo (PGS), yang berada di pusat Kota Solo. Gedung Pusat Perbelanjaan ini berhadapan langsung dengan jalan arteri sekunder, sehingga diperlukan suatu sistem parkir yang dapat meningkatkan seluruh pelayanan tanpa mengganggu lalu lintas di sekitar gedung. Permasalahan antrian di pintu masuk dan juga keluar gedung berikut sistem kinerja parkir, terutama pada saat hari libur terjadi peningkatan kendaraan menjadi pembahasan utama dalam penelitian ini. Pengamatan dilakukan untuk mengetahui kinerja sistem antrian dan karakteristik parkirnya. Hasil analisis secara manual serta pemograman terhadap karakteristik parkir dan kinerja sistem antrian adalah sebagai berikut: Durasi maksimum adalah 1 jam 37 menit, Volume parkir khusus kendaraan roda empat sebesar 840 kendaraan. Akumulasi maksimum terjadi antara pukul 12.00 sampai dengan 12.30 sebanyak 216 kendaraan. Turn over parking adalah 4 kali dalam sehari. Kebutuhan Ruang Parkir (KRP) saat ini adalah 224 ruang, sedangkan batas maksimal kendaraan yang dapat ditampung adalah 866 kendaraan. Evaluasi berikutnya adalah kinerja antrian menunjukkan bahwa terjadi antrian panjang pada pintu keluar sehingga perlu dibuat 2 server, sebaliknya pada pintu masuk, server 1 masih mampu menampung kendaraan tanpa pintu masuk 2, sehingga cukup 1 pintu masuk saja.Â
Copyrights © 2012