Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Vol 16, No 2 (2017)

Pengembangan Metode Desain Logo dan Sistem Grafis untuk Mendukung Pembelajaran Desain Komunikasi Visual

Sayatman Sayatman (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Nurina Orta Darmawati (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Putri Dwitasari (sayatasik@prodes.its.ac.id)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Logo secara prinsip adalah simbol khusus dan khas yang mewakili suatu entitas dan bahkan dapat menjadi bagian dari properti legal entitas tersebut.  Sebagai bagian dari identitas visual, sebuah logo juga dapat berfungsi sebagai sarana membangun brand entitasnya.Oleh karena itu dalam kurikulum pendidikan Desain Komunikasi Visual, perancangan identitas visualtermasuk logo dansistem grafisnya menjadi bagian yang mendasar untuk dipelajari. Tantangannya adalah bagaimana mahasiswa mampu membuat konsep logo dan identitas visualsecara terintegrasi sebagai solusi untuk menjawab permasalahan desain yang dibutuhkan.Melalui pengembangan metode pembelajaran desain logo dan sistem grafis yang simpel dan sistematis ini diharapkan dapat membantu mahasiswamerancang logo secara lebih mudah tahap demi tahap. Pemahaman terhadapprinsip-prinsip dasar desain logo, analisa sampai menghasilkan konsep desain menjadi penting dalam proses pembelajaran. Sehingga pada akhirnya mahasiswa mampu menghasilkan konsepdan implementasi desain logo yang kuat sebagai sebuah sistem identitas visual (visualidentity system)yang terintegrasi dan komprehensif.

Copyrights © 2017