Shaut Al-'Arabiyah
Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Shaut Al-'Arabiyah

Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Arab dengan Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Taufik Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan peningkatan pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Mengetahui kemampuan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Mengungkapkan permasalahan-permasalahn apa saja yang menjadi permasalahn dalam kegiatan upaya peningkatan pembelajaran dengan penerapan manajemen berbasis sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan yang dianggap relevan dengan variabel utama yang diteliti, yakni pendekatan linguistik, pedagogis, dan pendekatan manajerial. Adapun informan yang dijadikan sebagai narasumber adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru-guru bidang studi, staf tata usaha, pembina ekstrakurikuler, pengurus komite, orang tua peserta didik, masyarakat, dan peserta didik itu sendiri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data berupa triangulasi berbagai sumber, berbagai cara dan berbagai waktu. Hasil penelitian tesis ini memberikan gambaran tentang bagaimana proses pembelajaran bahasa arab di MTs.N 3 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Serta mengungkapkan langkah-langkah yang dilakukan dalam meningkatkan pembelajaran bahasa arab dengan penerapan manajemen berbasis sekolah. Dan menguraikan faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat peningkatan pembelajaran bahasa arab di MTs.N 3 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Shautul-Arabiyah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Shaut Al-'Arabiyah published twice a year since 2013 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education, Hadits, and Other Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of ...