ADMINISTRASI PUBLIK
Vol 1, No 1 (2017)

EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI SATPOL PP MELALUI KOMUNIKASI PERSUASIF DI KABUPATEN KUTAI TIMUR

Marsuq Aris Purwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2017

Abstract

Efektivitas kerja pegawai merupakan sikap atau kondisi umum seseorang yang positif terhadap kehidupan organisasionalnya,maka jelaslah bahwa setiap pemimpin perlu mengambil berbagai langkah agar semakin banyak (apabila mungkin semua) bawahannya merasa puas dan selalu bersemangat dalam bekerja,yang pada saatnya nanti akan mencapai tingkat efektivitas kerja pegawai yang bersangkutan sesuai yang diharapkan. Tidak satu pun pekerjaan organisasi yang dapat diselesaikan hanya oleh seseorang tanpa interaksi sama sekali dengan pihak lain.  Olehnya itu, upaya pimpinan dalam meningkatkan efektivitas kinerja pegawai ini tidak terlepas dari adanya komunikasi.Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan atau tidak pada Efektivitas kerja Pegawai Satuan Polisi Pamong Praja melalui Komunikasi persuasif Pada Badan Satuan Polisi Pamong Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan responden sebanyak 30 pegawai.Hasil penelitian ini menemukan bahwa dari hasil perhitungan regresi diperoleh nilai koefisien regresi efektivitas kerja sebesar 0,050; dan Nilai probability (sig) hitung yaitu 0,668. Dengan demikian, nilai signifikansi (sig) hitung=0,668>0,05 nilai taraf signifikan; Fhitung=0,188 <Ftabel= 4,20; dan Nilai Thitung = 0,434< 2,048 Ttabel, maka dinyatakan Ho ditolak. Artinya model regresi dapat dikatakan bahwa efektivitas kerja secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap komunikasi persuasif kepada pegawai Satpol PP di Kabupaten Kutai Timur. Selain itu, Adjusted R = -0.029 juga menunjukkan besarnya pengaruh efektivitas kerja terhadap komunikasi persuasif (Y) adalah negatif. Sebagai bahan pertimbangan bagi pihak organisasi Satpol PP yang berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan diatas, maka disarankan agar:Untuk meningkatkan prestasi dan efektivitas kerja pegawai, maka pimpinan atau atasan sebaiknya perlu memperhatiakan apa yang menjadi kebutuhan dari bawahan atau pegawai; dan Sebaiknyamulai melakukan analisis atas tiap-tiap pegawai dari berbagai level dan lakukanlah identifikasi akan hal-hal yang dapat meningkatkan efektivitas kerjapegawai. Peningkatan efektivitas kerjapegawai akan berbanding lurus dengan peningkatan keberhasilan organisasi.

Copyrights © 2017