JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI
Vol 23, No 41 (2016)

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, TINGKAT PENDAPATAN DAN SUMBER AIR LAIN TERHADAP PERMINTAAN AIR PDAM TIRTA MOEDAL SEMARANG (Studi Kasus Pelanggan Golongan Rumah Tangga III di Kecamatan Gunungpati Semarang Tahun 2016)

Putu Sulastri (STIE Dharmaputra Semarang)
Bayu Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, tingkat pendapatan, dan sumber air lainnya untuk kebutuhan air PDAM Tirta Moedal Semarang. Penelitian ini mengambil sampel dari 100 rumah tangga III pelanggan kelas. Jumlah kuesioner yang disebarkan sebanyak 100 dan dianalisis dengan menggunakan rumus Slovin. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS for Windows. Dari hipotesis hasil pengujian menunjukkan informasi dan kesimpulan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap kebutuhan air, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kebutuhan air, tingkat pendapatan berpengaruh positif terhadap permintaan air, sumber air lain secara negatif mempengaruhi permintaan air.Kata kunci: kualitas produk, kualitas layanan, tingkat pendapatan, sumber daya air, kebutuhan air.

Copyrights © 2016